Sabtu, 29 Mei 2010

Bagaimana Cara Memilih Alat KB?


* Bila Lupa Minum Pil KB
* Pil KB Dosis Rendah Stabilkan Hormon
* Seks Aman, Hidup Pun Nyaman

KOMPAS.com - Sebaiknya sebelum melahirkan, seorang wanita sudah mempersiapkan kapan dan metode kontrasepsi apa yang diinginkan. Para ahli menganjurkan akhir masa nifas seorang ibu yang habis melahirkan sudah memilih metode KB yang akan digunakannya.

Ada beberapa cara ber-KB yang bisa dipilih:

- Menyusui, memiliki efek kontrasepsi 98 persen sampai dengan 6 bulan. Saat datangnya haid, perencanaan KB sudah harus dimulai.

- IUD dapat digunakan pada wanita yang lebih tua, berpengalaman, serta familiar dengan teknik ini.

- Pada wanita yang tidak menyusui pilihan pil kombinasi dapat diberikan 2-3 mg postpartum dengan angka kegagalan 0,5 dalam 100 orang per tahun. Pada ibu menyusui dapt diberikan pil yang hanya mengandung progestin karena tidak menekan produksi air susu.

- KB suntik dapat diberikan setiap 3 bulan pada ibu menyusui dengan efikasi > 99 persen, pada yang tidak memiliki kelainan darah (tromboembolism).

- Implan dapat diberikan 6 minggu pertama pasca melahirkan pada ibu yang menyusui.

- Sterilisasi tuba bisa dilakukan 24-48 jam pasca melahirkan pada persalinan tanpa komplikasi dan bayi diyakinkan sehat. Sterilisasi berencana bisa dilakukan pada 6-8 minggu postpartum pada pasangan yang benar-benar yakin dan bayi dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar